Tuesday, October 9, 2012

Perilaku konsumen


Perilaku konsumen yang dapat membantu keberhasilan

       Dalam ilmu Ekonomi Mikro, Konsumen adalah seseorang atau sekelompok yang melakukan kegiatan konsumsi barang jasa. Bisa juga di sebut sebagai orang yang membutuhkan, menggunakan, dan memanfaatkan jasa. Konsumen biasa memiliki kebiasaan dan tikah laku yang berbeda-beda. Tergantung dimana mereka tinggal dan jumlah pendapatan mereka.
       Adapun pengertian perilaku konsumen, yaitu tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki dan memoerbaiki sutu peroduk dan jasa mereka. Fokus dari perilaku konsumen adalah bagai mana individu membuat keputusan untuk mengkonsumsi suatu barang.
       Dengan pentingnya keberhasilan suatu produsen, maka produsen tersebut pun harus dapat memenuhi apa yang menjadi kebutuhan konsumen tersebut. Jika konsumen merasa puas terhadap suatu produk, maka konsumen tersebut tidak akan berpindah ke lain produk. Apalagi jika barang tersebut memenuhi permintaan konsumen. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi permintaan konsumen.
1.     Pendapatan
2.    Selera konsumen
3.    Harga barang
       Jika semua faktor tersebut dapat dipenuhi oleh suatu produsen, maka permintaan konsumen kepada produsen terhadap suatu barang/produk akan meningkat. Dengan meningkatnya permintaan konsumen, maka produsen pun akan mengalami peningkatan dalam penjualan.
      



Sebagai contoh :
       Suatu perusahaan ingin menjual perlengkapan keamanan sepeda motor. Karena perusahaan tersebut telah melakukan penelitian dan menyimpulkan bahwa pada zaman sekarang ini, pengguna sepeda motor telah melebihi pengguna mobil. Dan disitu, perusahaan tersebut berinisiatif untuk membuat dan menjual perlengkapan keamanan dari sepeda motor tersebut. Tentunya dengan model yg sporty dan tingkat keamanan yg tinggi. Sehingga perusahaan tersebut memutuskan untuk memproduksi Sarung Tangan.
       Setelah barang di produksi, maka di jual lah sarung tangan tersebut dengan harga yang dapat di jangkau. Jika sarung tangan yg di produksi tersebut dapat memenuhi faktor yang dapat meningkatkan permintaan konsumen terhadap suatu barang, yaitu harga yg relatif murah, model yang sesuai dengan selera, dan tingkat keamanan tertinggi, maka konsumen pun akan tertarik untuk membeli sarung tangan tersebut. 

No comments:

Post a Comment