Perilaku
konsumen yang dapat membantu keberhasilan
Dalam
ilmu Ekonomi Mikro, Konsumen adalah seseorang atau sekelompok yang melakukan
kegiatan konsumsi barang jasa. Bisa juga di sebut sebagai orang yang
membutuhkan, menggunakan, dan memanfaatkan jasa. Konsumen biasa memiliki
kebiasaan dan tikah laku yang berbeda-beda. Tergantung dimana mereka tinggal
dan jumlah pendapatan mereka.
Adapun
pengertian perilaku konsumen, yaitu tingkah laku dari konsumen, dimana mereka
dapat mengilustrasikan untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki
dan memoerbaiki sutu peroduk dan jasa mereka. Fokus dari perilaku konsumen
adalah bagai mana individu membuat keputusan untuk mengkonsumsi suatu barang.
Dengan
pentingnya keberhasilan suatu produsen, maka produsen tersebut pun harus dapat
memenuhi apa yang menjadi kebutuhan konsumen tersebut. Jika konsumen merasa
puas terhadap suatu produk, maka konsumen tersebut tidak akan berpindah ke lain
produk. Apalagi jika barang tersebut memenuhi permintaan konsumen. Ada beberapa
faktor yang dapat mempengaruhi permintaan konsumen.
1.
Pendapatan
2.
Selera konsumen
3.
Harga barang
Jika
semua faktor tersebut dapat dipenuhi oleh suatu produsen, maka permintaan
konsumen kepada produsen terhadap suatu barang/produk akan meningkat. Dengan meningkatnya
permintaan konsumen, maka produsen pun akan mengalami peningkatan dalam
penjualan.
Sebagai contoh :
Suatu
perusahaan ingin menjual perlengkapan keamanan sepeda motor. Karena perusahaan
tersebut telah melakukan penelitian dan menyimpulkan bahwa pada zaman sekarang
ini, pengguna sepeda motor telah melebihi pengguna mobil. Dan disitu,
perusahaan tersebut berinisiatif untuk membuat dan menjual perlengkapan
keamanan dari sepeda motor tersebut. Tentunya dengan model yg sporty dan
tingkat keamanan yg tinggi. Sehingga perusahaan tersebut memutuskan untuk
memproduksi Sarung Tangan.
Setelah
barang di produksi, maka di jual lah sarung tangan tersebut dengan harga yang
dapat di jangkau. Jika sarung tangan yg di produksi tersebut dapat memenuhi
faktor yang dapat meningkatkan permintaan konsumen terhadap suatu barang, yaitu
harga yg relatif murah, model yang sesuai dengan selera, dan tingkat keamanan
tertinggi, maka konsumen pun akan tertarik untuk membeli sarung tangan
tersebut.
No comments:
Post a Comment